Jumat, 18 Mei 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak


Tanaman sirsak berasal dari Amerika Tropis tapi saat ini tumbuh di seluruh dunia dengan berbagai macam manfaatnya. Daun sirsak, buah dan bijinya digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan. Daun sirsak dapat dengan mudah diolah seperti ditumbuk  atau direbus dan dikonsumsi untuk mendapatkan efek kesehatan yang diinginkan.

Daun sirsak memiliki sejumlah manfaat kesehatan antara lain :

1. Kanker
Daun Sirsak sangat bermanfaat dalam mengobati dan mencegah kanker. rebusan daun sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yang tumbuh dan tidak mempengaruhi sel-sel normal. Secara efektif membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas. Berdasarkan hasil reserch dari AgrEvo Research Center, Amerika Serikat bahwa
daun sirsak mampu membunuh sel-sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan kemoterapi. Itu semua terjadi lantaran sirsak mengandung senyawa aktif bernama acetogenin. Senyawa tersebut mampu mengenali dan membedakan antara sel kanker jahat dan sel normal. Target ssasarannya jelas, hanya sel kanker. Ia bekerja antara lain dengan menghambat ATP (adenosina trifosfat), sumber energi bagi kanker. Akibat penghambatan itu, sel kanker tidak bisa berkembang. Jangan gunakan yang terlalu muda atau tua, tapi pilih daun ke-4 atau ke-5. Menurut Dr Hamidah Mkes, Dosen Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, kemungkinan kandungan senyawa annonaceus acetogennis – kandungan utama daun sirsak yang bersifat anti kanker terdapat pada daun dengan kematangan sedang.

2. Membasmi Kutu
Rebusan daun sirsak terbukti ampuh membasmi kutu rambut dan kutu busuk.

3. Kulit
Daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati eksim, penggunaanya dengan cara ditumbuk kemudian ditempelkan pada bagian yang terkena eksim.

4. Penyembuhan berbagai penyakit
Rebusan daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti disentri, diare, masalah kandung empedu, gangguan pencernaan, demam, dan dapat juga digunakan untuk mengobati batuk.

5. Anti Insomnia
Daun sirsak dapat digunakan untuk mengatur sistem saraf dan karena itu terbukti menjadi obat yang efektif untuk insomnia.

6. Tekanan Darah Tinggi
Daun Sirsak baik untuk orang yang menderita masalah tekanan darah tinggi karena daun sirsak membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Resep-resep pengobatan tradisional dengan sirsak sebagai berikut :

1. Pengobatan Kanker
10 lembar daun sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini bersifat seperti kemoterapi, bahkan
lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel-sel yang tumbuh normal.

2. Sakit Pinggang
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

3.  Bayi Mencret
Buah sirsak yang sudah masak  diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

4.  Ambeien
Buah sirsak yang sudah masak diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Bisul
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk dan ditempelkan di tempat yang terkena bisul.

6. Anyang-anyangen
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

7. Sakit Kandung Air Seni
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

8. Eksim dan Rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit

9. Bunga sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan katarak

Daun sirsak memang salah satu pengobatan alami terbaik yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Masalah ginjal, masalah kandung empedu, gangguan kulit dan berbagai masalah umum lain seperti demam, muntah batuk, dan pingsan dapat disembuhkan dengan bantuan daun sirsak. Daun sangat bergizi dan demikian pula buah dan biji. Buahnya biasanya dimakan segar dan banyak sekali digunakan untuk membuat krim kue dan jus.

Solusi alami yang dapat dipercaya dan tidak memiliki efek samping.  jika Anda menderita salah satu penyakit yang disebutkan di atas sangat ideal bahwa Anda mengobatinya terlebih dahulu menggunakan obat alami seperti daun sirsak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar