Rabu, 30 Mei 2012

Hidup Sehat Dengan Kopi


Efek kesehatan dari meminum kopi sudah lama diteliti oleh berbagai ilmuwan. Bagaimana kopi berpengaruh terhadap tubuh manusia sampai pada berbagai jenis penyakit yang dapat ditangani dan diobati dengan terapi minum kopi.

Riset baru-baru ini oleh John Hopkins University , menemukan bahwa kopi yang mengandung kafein adalah sumber stimulan tubuh. Kopi juga penghasil hormon kortison dan adrenalin, keduanya berfungsi sebagai pemberi “energi tambahan” agar dapat selalu beraktifitas dengan semangat “dimana saja, kapan saja”.

Selain penghasil hormon, kopi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lain :

a. Beberapa penelitian menemukan kalau orang yang meminum 3 – 5 cangkir kecil kopi setiap hari sudah menurunkan kemungkinan terkena penyakit Alzheimer dan pikun.

b. Selain untuk melawan penyakit Alzheimer, dengan dosis yang sama, kopi juga bermanfaat untuk melawan penyakit Parkinson.

c. Sebuah tes dilakukan kepada para wanita berusia sekitas 80 tahun dan mereka yang minum kopi setidaknya secangkir setiap hari, kemampuan mengingat mereka meningkat secara signifikan.

d. Ada sebuah laporan menarik di dalam The Journal of Hepatology yang menyatakan kalau kopi juga memiliki efek untuk mengurangi kemungkinan penyakit sirosis pada organ hati.

e. Dalam Nurses’ Health Study, ditemukan bahwa kopi sangat ampuh dalam menekan kemungkinan kanker mulut, esophagus, faring dan prostat (pada pria).

f. Unsur tanin yang terdapat dalam kopi dibuktikan telah berhasil dalam menekan pembentukan plak gigi.

4 komentar:

  1. mantaaaaap, aku banget tuh kang, Met ngopi ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat kang banyak ngopi...met begadang bwt bloging.. ^^

      Hapus
  2. saya suka kopi, bisa ngilangin penyakit mumet alias pusing.. :D

    BalasHapus
  3. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus